Analisis VRIO
b. Apa itu analisis VRIO
VRIO Analysis merupakan atribut analisis yang dilakukan untuk internal perusahaan yang berguna dalam membantu menentukan kualitas dan kegunaan sumber daya dan kemampuan perusahaan.
VRIO Analysis dikembangkan tahun 1991 oleh Jay B. Barney, guru besar Amerika dalam bidang manajemen strategis pada University of Utah, ia terkenal karena kontribusinya pada teori keunggulan kompetitif (competitive advantage) berbasis sumber daya.
Menurutnya sumber daya harus VRIN yaitu Valuable (bernilai), Rare (langka), Imperfectly imitable (tidak dapat ditiru dengan sempurna) dan Non-substitutable (tidak dapat digantikan).
Namun dalam perkembangannya VRIN disempurnakan menjadi VRIO, singkatan dari Valuable (bernilai), Rare (langka), Inimitable (tidak ada bandingnya/tidak dapat ditiru) dan Organization (yang dimiliki organisasi).
c.Kegunaan analisis VRIO secara umum
Dalam kegunaan nya VRIO memiliki Kerangka kerja VRIO alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah sumber daya dan kemampuan tersebut dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Dalam rangka untuk memahami sumber perusahaan keunggulan kompetitif menggunakan banyak alat untuk menganalisis mereka eksternal (Porter 5 Forces, analisis PEST) maupun internal (Nilai analisis Rantai/ value chain)
d.Implementasi analisis VRIO dalam bisnis
Problem : Di masa pandemi Covid-19 sehingga untuk menjaga tertular covid 19 menggunakan Masker. Namun tidak semua Masker nyaman dan kelihatan menarik
Solution : Perlu adanya Masker yang nyaman dan menarik.
Opportunity : Peluang nya usaha membuat dan menjual masker yang nyaman dan menarik
Ide Bisnis : Masker KK dengan bahan yang nyaman dan Kekinian
Komentar
Posting Komentar